" S E L A M A T _ D A T A N G "
zinto-exzet

Cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Excel 2007

Mengatur ukuran kertas pada Microsoft Excel 2007 memang berbeda dengan mengatur ukuran kertas di Microsoft Office Word, terutama pada ukuran custom size atau user defined. Tahukah anda, kenapa pada Ms Excel setelah diatur page setup-nya pada computer anda sudah pas dan siippp pokoknya, namun ketika dibuka pada computer user lain, pengaturan halaman, margin, ukuran kertas menjadi berbeda atau berubah ? Hal ini sebenarnya disebabkan oleh jenis printer dan pengaturan atau setting printer yang terisntall pada computer berbeda. Sehingga ketika file excel dibuka dikomputer lain, anda harus mengatur lagi pengaturan margin, size atau page setup-nya. Berbeda dengan Ms Word, jika dibuka dikomputer lain meskipun printer yang terinstall berbeda, namun pengaturan page setupnya masih tetap sama.
Pada kesempatan kali ini akan dibawah Mengatur ukuran kertas pada Microsoft Excel 2007 khususnya untuk mengatur ukuran custom size atau user defined. Sebab untuk pengaturan ukuran kertas yang lazim atau standart, anda tinggal memilih pilihan yang telah ada sudah beres. Untuk mengatur setting ukuran kertas atau custom size, dikomputer anda harus sudah terinstall driver printer. Sebagai contoh saja saya menggunakan printer Epson T13. Anda nanti bisa menyesuaikan sendiri tampilan pada jenis printer yang terinstall dikomputer anda.
  1. Buka ribbon Page layout lalu pilih size kemudian klik More paper sizes

    pilihan ukuran kertas custom size

  2. Pada jendela Page setup yang muncul aktifkan tab Page kemudian klik Options (jangan klik paper size)

    print options

  3. Maka akan muncul jendela printer properties. Pada tab main atau general pilih size kemudian klik user defined atau custom size.

    user defined

  4. Pada jendela yang muncul, pilih pengaturan menggunakan satuan cm kemudian isikan ukuran yang dikehendaki. Jika pengaturan kertas Polio atau F4 maka masukkan pada height 33 cm dan width 21,5 cm. Jika sudah klik OK, OK, dan OK lagi.

    ukuran kertas manual di excel

  5. Sekarang ukuran kertas atau paper size pada ms excel anda telah sesuai dengan keinginan. 
    Demikian panduan Cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Excel 2007, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

zinto-exzet

Kirim Via Email