" S E L A M A T _ D A T A N G "
zinto-exzet

PENYAKIT VERTIGO DAN PENYEBABNYA



Penyakit Vertigo adalah sebuah kondisi dimana seseorang merasa di dalam suatu ruangan dan apa yang dilihat seolah berputar putar. Kata ‘vertigo’ sendiri berasal dari bahasa Yunani, ‘vetere’ yang artinya berputar. Vertigo memiliki banyak penyebab, antara lain seperti virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma, migraine, gejala epilepsy, serta pengaruh obat obatan dan alcohol. Vertigo juga dapat menimpa pada saat seseorang berada dalam kendaraan melewati jalanan yang berliku liku.

Sebagian besar kasus vertigo terjadi karena stress. Sampai kapan vertigo berlangsung?   

Penyakit Vertigo bisa saja berlangsung hanya beberapa saat, namun bisa sampai beberapa jam hingga beberapa hari. Tentu saja perasaan sekeliling yang berputar membuat keseimbangan tubuh yang berkurang hingga ingin jatuh, mual dan muntah, serta telinga yang berdengung. Pada kasus yang cukup berat, vertigo dapat menyebabkan pingsan secara mendadak.
Beberapa ahli mengatakan bahwa vertigo hanyalah sebuah gejala, bukan penyakit. Menurut pandangan yang satu ini, penyakit vertigo digambarkan sebagai sebuah ilusi dimana seseorang merasa dirinya bergerak pada keadaan sekeliling, atau sekeliling yang bergerak mengelilingi dirinya. vertigo terbagai menjadi beberapa macam berdasarkan penyebabnya:
  1. Vertigo epileptica. Vertigo jenis ini terjadi secara bersamaan pada kambuhnya serangan epilepsy atau setelah serangan epilepsy.
  2. Vertigo laryngea. Vertigo jenis ini terjadi pada saat kita terkena serangan batuk.
  3. Vertigo nocturna. Vertigo jenis ini membuat kita seolah olah merasa akan jatuh pada saat baru memejamkan mata untuk tidur.
  4. Vertigo ocularis. Vertigo jenis ini terjadi akibat penyakit mata, misalnya akibat kelumpuhan atau kerja otot otot bola mata yang tidak seimbang.
  5. Vertigo rotatoria. Vertigo jenis ini yang paling umum terjadi, kita menjadi pusing seolah olah sekitar kita berputar mengelilingi kita yang diam di tempat.
  6. BPPV. Vertigo ini biasa terjadi dengan waktu yang sangat singkat, misalnya pada saat perubahan posisi kepala saat kita berbaring di tempat tidur, atau dari tidur menuju berdiri. Penyebab vertigo yang satu ini adalah adanya endapan kalsium pada telinga bagian dalam
  7. AVN. Gejala vertigo ini dapat terjadi apabila ada serabut syaraf di dalam telinga yang mengalami pembengkakan.
Selain beberapa hal yang telah disebutkan diatas, penyakit Vertigo dapat disebabkan karena gangguan leher. Adanya pengapuran tulang pada tulang leherlah yang menyebabkan badan terasa terhuyung seoalah ingin jatuh. Gangguan macam ini dapat terjadi akibat pola hidup yang tidak seimbang.

Padatnya aktivitas tak jarang menyebabkan kita lupa atau bahkan tak sempat berolahraga atau sekadar merilekskan badan. Meski terdengar sepele, ternyata gangguan pada leher seperti tegangan akan membawa pengaruh pada gangguan vertigo. Jadi, sebisa mungkin  meluangkan waktu untuk merilekskan diri dan beristirahat pada saat merasa letih dan jangan lupa menjaga pola makan sehat.

Seseorang yang mengalami penyakit vertigo biasanya dipicu oleh syaraf syaraf yang tegang, keletihan akibat padatnya aktifitas dan kurangnya istirahat, kurangnya asupan makanan bergizi, serta kurangnya asupan oksigen yang dibawa oleh darah menuju organ organ vital dalam tubuh seperti jantung, paru paru, hati, ginjal, dan otak.

Setelah seseorang tahu bahwa vertigo dapat dengan secara tiba tiba menyerang seseorang, maka cara pencegahan yang tepat adalah dengan mencukupkan asupan makanan bergizi pada saat tubuh mengeluarkan banyak energi untuk rutinitas yang cukup padat. Tak hanya itu, olahraga secara teratur serta memberikan waktu istirahat pada tubuh adalah salah satu permulaan yang baik.

Nb. Vertigo termasuk dalam kategori berbahaya, apabila Vertigo menyerang seseorang yang sedang berada pada suatu tempat atau dalam posisi yang dapat menyebabkan kejadian yang fatal/kematian (misal : saat mengendarai kendaraan bermotor, berenang dll)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

zinto-exzet

Kirim Via Email